PERAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI SOLUSI PEMASARAN DI ERA MODERN




I.              PENDAHULUAN

Era baru digital marketing telah masuk ke dalam praktik kehidupan masyarakat modern. Pasar-pasar baru dan produsen-produsen baru telah tercipta dengan menggunakan internet. Pemanfaatan internet membuat jaringan masyarakat dunia tersatukan dalam apa yang disebut satu kampung global. Dengan pengguna yang makin luas dan global meliputi berbagai bangsa di seluruh dunia, setiap masyarakat telah menjadi obyek pasar bagi para produsen sekaligus menjadi pelaku pasar itu sendiri. Digital marketing merupakan pemanfaatan Internet sebagai suatu teknologi yang dapat menghubungkan komunikasi dua arah di antara perusahaan dengan konsumen (Coviello, 2001). Digital marketing memudahkan promosi penjualan, seperti halnya penggunaan media sosial yang banyak digunakan oleh para pemasar. Dengan menggunakan pemasaran melalui digital marketing maka jangkauannya menjadi luas dan biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah.

Keberadaan media sosial menjadi sarana bagi konsumen yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi baik berupa teks, gambar, audio, dan video dengan banyak pihak baik antar perusahaan kepada konsumen atau konsumen pada perusahan (Kotler, 2012). Berkembangnya teknologi dapat digunakan untuk mengembangkan dunia bisnis. Salah satunya kegiatan komunikasi pemasaran mengharuskan memanfaatkan era digital dalam menguasai pangsa pasar. Konsep digital marketing adalah memanfaatkan area luas pada media seperti televisi, radio, perangkat mobile hingga Internet, dimana media tersebut akan memberikan infografis tentang berbagai produk yang dipasarkan oleh perusahaan, terutama penekanan tentang merek sebuah barang atau jasa. Digital marketing menjadi sarana paling ampuh untuk meroketkan merek akan suatu produk atau jasa.

Digital marketing dapat menjangkau semua kalangan, kapanpun, dengan cara apapun, dan dimanapun. Tentu sangat jauh lebih unggul dibandingkan dengan marketing konvensional yang terbatas waktu, lokasi, dan jangkauan pengguna. Hal ini diperkuat sebagaimana hasil penelitian dari Putri dan Fitrah (2017) yang menyatakan bahwa ada pengaruh antara kampanye online marketing dengan kebiasaan konsumen dalam memilih suatu barang atau jasa. Media sosial merupakan media pilihan yang digemari oleh masyarakat. Hal ini didukung dengan keberadaan telepon seluler yang menyediakan fitur-fitur yang terhubung dengan Intrenet, sehingga siapapun dapat mengakses media sosialnya dengan cepat, mudah, dimanapun berada. Dengan teknologi komunikasi yang semakin berkembang membuat keterbukaan informasi serta pola penyebaran informasi juga ikut berubah. Produksi informasi saat ini dapat dilakukan oleh pihak yang tidak terlembagakan. Artinya saat ini siapapun seolah bebas menyebarkan informasi tanpa melalui gatekeeper.

Hal tersebut harus mulai disadari bahwa media sosial saat ini dapat dikatakan memiliki kendali yang cukup tinggi untuk memengaruhi publik karena media sosial memiliki kekuatan yang cukup besar untuk memengaruhi publik yang terkadang tidak dapat dilakukan oleh suatu organisasi. Selain itu, kemajuan teknologi dapat membuat informasi tersebar secara luas dan cepat sehingga masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi tentang suatu produk atau jasa sebelum calon konsumen menentukan dan membeli produk-produk tersebut. Kemajuan teknologi khususnya bidang informasi melahirkan konsep baru terhadap bidang pemasaran. Banyak perusahaan menginformasikan sekaligus mempromosikan produknya hanya secara langsung di toko, namun sekarang dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana promosinya.

II.            ISI

Peran penting komunikasi pemasaran dalam suatu perusahaan adalah untuk memicu penjulan suatu produk yang dihasilkan perusahaan, sehingga konsumen mengetahui tentang produk tersebut. Perkembangan teknologi membuat media yang dapat digunakan untuk promosi menjadi banyak diantaranya melalui jaringan internet. Dengan jaringan ini, perusahaan akan sedikit mengeluarkan biaya sebagai jalan untuk memasarkan produk yang dihasilkannya, disamping jangkauannya yang sangat luas. Coviello, Milley & Marcolin (2001) menjelaskan bahwa digital marketing adalah pemanfaatan jaringan Internet yang disertai dengan pemanfaatan teknologi yang bersifat interaktif Menurut Kotler (2012), media sosial adalah suatu sarana untuk konsumen dalam menyebarluaskan informasi baik berupa teks, gambar, audio, dan video yang terjadi diantara perusahaan dengan konsumennya. Pemanfaatan digital marketing dapat mengefesiensikan perusahaan terutama dalam biaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk perusahaan, disamping jangkauannya yang sangat luas. Henderi (2007) menyatakan, media sosial merupakan suatu jaringan sosial yaitu layanan berbasis web yang dapat digunakan oleh individu untuk membuat profil publik atau semi-publik yang terbatas, daftar pengguna lain, serta siapa saja yang terhubung dengan perusahaan, dan dapat melihat dan menelusuri daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem.

Menurut Brogan (2010), social media is a new set communication and collaboration tools that nable many types of interaction that were previously not available to the common person. (Media sosial merupakan seperangkat baru dalam bidang komunikasi yang berkolaborasi, yang dapat melahirkan banyak interaksi atau komunikasi dua arah). Berdasarkan kedua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa media sosial merupakan sarana penukaran informasi atau pesan di antara individu serta sebagai media untuk mempromosikan suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Internet marketing dalam marketing mix sebagai acuan dalam perkembangan pemasaran yang baru. Pemanfaatan Internet dapat merubah elemen marketing mix tradisional. Pemasaran dengan memanfaatkan Internet menjadi kunci keberhasilan karena sifatnya yang dapat interaktif, Internet sebagai suatu pendekatan berbeda dalam pemasaran internasional. Internet dapat dipahami sebagai sesuatu yang fundamental dari pemasaran massal menjadi pemasaran personal.

Bauran pemasaran dengan memanfaatkan media terdiri dari 5P, diantaranya: product, price, personalization, promotion, serta place. Aktivitas melalui Internet marketing dapat memberikan peluang untuk mewujudkan kegiatan baru dalam pemasaran tradisional dari non elektronic bergeser menjadi electronic platform (Sutejo, 2016). Dalam menjalankan digital marketing ada banyak platform yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menjalin industri rumahan. Media sosial yang banyak digunakan adalah facebook, whatsapp, Instagram, dan blackberry massanger. Manfaat yang dirasakan adalah komunikasi dengan para pelanggan dan pemasok lebih intens serta efektif dan efisien, karena dapat berkomunikasi langsung selama 24 jam/real time (Pradiani, 2017).

III.           SIMPULAN

Pemanfaatan internet membuat jaringan masyarakat dunia tersatukan dalam apa yang disebut satu kampung global. Digital marketing memudahkan promosi penjualan, seperti halnya penggunaan media sosial yang banyak digunakan oleh para pemasar. Salah satunya kegiatan komunikasi pemasaran mengharuskan memanfaatkan era digital dalam menguasai pangsa pasar. Digital marketing menjadi sarana paling ampuh untuk meroketkan merek akan suatu produk atau jasa. Digital marketing dapat menjangkau semua kalangan, kapanpun, dengan cara apapun, dan dimanapun. Tentu sangat jauh lebih unggul dibandingkan dengan marketing konvensional yang terbatas waktu, lokasi, dan jangkauan pengguna. Selain itu, kemajuan teknologi dapat membuat informasi tersebar secara luas dan cepat sehingga masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi tentang suatu produk atau jasa sebelum calon konsumen menentukan dan membeli produk-produk tersebut. Banyak perusahaan menginformasikan sekaligus mempromosikan produknya hanya secara langsung di toko, namun sekarang dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana promosinya. Peran penting komunikasi pemasaran dalam suatu perusahaan adalah untuk memicu penjulan suatu produk yang dihasilkan perusahaan, sehingga konsumen mengetahui tentang produk tersebut. Perkembangan teknologi membuat media yang dapat digunakan untuk promosi menjadi banyak diantaranya melalui jaringan internet.

 

 

Post a Comment

0 Comments