RESENSI BUKU EKONOMI PUBLIK KARYA BAMBANG SUPRAYITNO


RESENSI BUKU EKONOMI PUBLIK KARYA BAMBANG SUPRAYITNO



Identitas Buku
Judul Buku                              : Ekonomi Publik
Pengarang                               : Bambang Suprayitno
Penerbit dan Pencetak            : UPP STIM YKPN
Cetakan                                   : Pertama, Agustus 2017
Tebal                                       : 200 Halaman
ISBN                                       : 978-602-1286-46-3

Sinopsis Buku
Buku ini berfokus tentang bagaimana pemerintah dalam mengalokasikan sumber daya yang ada dan melakukan redistribusi pendapatan. Selain itu, juga dibahas mengenai penyediaan, produksi, maupun penggunaan antara barang publik dan barang pribadi yang dipandang dari sisi mikro ekonomi. Buku ini berguna untuk menjadi referensi mata kuliah lanjutan yang sifatnya wajib bagi mahasiswa Ilmu Ekonomi dengan kompetensi prasyarat yang dapat diperoleh dalam mata kuliah Matematika Ekonomi dan Ekonomika Mikro. Dengan memahami isi materi buku ini diharapkan pembaca (mahasiswa) diharapkan mampu menganalisis fungsi pemerintah dipandang dari sisi mikro ekonomi. Buku ini terdiri atas 9 bab. Secara singkat isi masing – masing bab adalah.

Bab 1 Ekonomi Publik dan Peran Pemerintah
Pada bab ini terdapat tujuh bagian. Pada bagian pertama membahas tentang ekonomi publik. Pada bagian kedua membahas tentang peran pemerintah. Pada bagian ketiga membahas tentang pandangan mengenai pemerintah yang terdiri dari dua subbag yaitu : organic view dan mechanistic view. Pada bagian keempat membahas tentang struktur dan ukuran pemerintah, yang terdiri dari dua subbag yaitu : struktur pemerintahan dan ukuran pemerintahan. Pada bagian kelima membahas tentang sekilas tentang APBN. Pada bagian keenam membahas tentang perspektif kebijakan publik. Pada bagian ketujuh berisi tentang penelitian : kebijakan automatis stabilizer terhadap distribusi pendapatan.

Bab 2 Analisis Positif dan Normatif
Pada bab ini terdiri dari 6 bagian. Bagian pertama berisi tentang peranan teori ekonomi. Bagian kedua berisi tentang analisis empiris (positif). Bagian ketiga berisi tentang metode analisis empiris (empirical analysis) yang terdiri dari tiga subbag yaitu : interview, eksperimen, dan kajian ekonometri. Bagian keempat berisi tentang analisis normatif (normative analysis) yang terdiri dari empat subbag yaitu : penggunaan edgeworth box, konsep ekonomi dan kesejahteraan, keadilan dan kesejahteraan, dan market failure. Bagian kelima berisi tentang perspektif kebijakan publik. Bagian keenam berisi tentang penelitian : kutukan sumber daya alam.

Bab 3 Barang Publik
Pada Bab ini terdiri dari enam bagian. Bagian pertama membahas tentang pengertian barang publik. Bagian kedua membahas tentang mikroekonomi barang publik. Bagian ketiga membahas tentang free rider problem. Bagian keempat membahas tentang penyediaan dan produksi barang publik dan barang privat. Bagian kelima berisi tentang perspektif kebijakan publik. Bagian keenam berisi tentang penelitian : penyediaan barang publik.

Bab 4 Eksternalitas
Pada bab ini terdiri dari lima bagian. Bagian pertama membahas tentang pengertian eksternalitas. Bagian kedua membahas tentang analisis grafis eksternalitas. Bagian ketiga membahas tentang solusi eksternalitas yang terdiri dari dua subbag yaitu : solusi dari pihak swasta dan solusi dari pihak publik. Bagian keempat berisi tentang perspektif kebijakan publik. Bagian kelima berisi tentang penelitian : pengaruh subsidi layanan trasportasi terhadap eksternalitas.

Bab 5 Konsep Redistribusi Pendapatan
Pada bab ini terdiri atas lima bagian. Bagian pertama membahas tentang pentingnya redistribusi pendapatan. Bagian kedua membahas tentang mengukur redistribusi pendapatan. Bagian ketiga membahas tentang pandangan tentang redistribusi pendapatan yang terdiri atas empat subbag yaitu : simple utilitarianism, the maximin criterion, pareto effcient redistribution, dan nonindividualistic views. Bagian keempat membahas tentang perspektif kebijakan publik. Bagian kelima membahas tentang penelitian : pemerataan pendapatan dan welfare state.

Bab 6 Dampak Pengeluaran Pemerintah Dalam Rangka Redistribusi Pendapatan
Pada bab ini terdiri dari lima bagian.  Bagian pertama membahas tentang efek harga relatif. Bagian kedua membahas tentang pengeluaran berupa barang publik. Bagian ketiga membahas tentang menilai efektivitas subsidi yang terdiri dari empat subbag yaitu : bantuan langsung tunai (BLT), subsidi berupa kupon tanpa ada larangan untuk menjualnya kembali, subsidi berupa kupon dengan larangan untuk menjualnya kembali, dan subsidi berupa diskon. Bagian keempat membahas tentang perspektif kebijakan publik. Bagian kelima membahas tentang penelitian : berbagai jenis subsidi dan distribusi pendapatan.

Bab 7 Perpajakan
Pada bab ini terdiri atas lima bagian. Bagian pertama membahas tentang dampak pajak terhadap distribusi pendapatan yang terdiri atas tiga subbag yaitu: pajak sebagai fungsi distribusi pendapatan, pajak terhadap sumber dan penggunaan pendapatan dan progsivitas pajak.  Bagian kedua membahas tentang partial equilibrium model yang terdiri atas tiga subbag yaitu : pajak unit, ad valorem tax, dan pajak pada faktor. Bagian ketiga membahas tentang general equilibrium model yang terdiri atas 2 subbag yaitu : harberger model dan ambiguitas partial factor tax. Bagian keempat membahas tentang perspektif kebijakan publik. Bagian kelima membahas tentang penelitian : perpajakan dan perilaku konsumen.

Bab 8 Program Untuk Orang Miskin
Pada bab ini terdiri atas empat bagian. Bagian pertama membahas tentang petaka sumber daya alam di indonesia. Bagian kedua membahas tentang upaya pengurangan kemiskinan yang terdiri dari 3 subbag yaitu : pengurangan pajak, pemberian bantuan tunai, dan pengembangan human capital. Bagian ketiha membahas tentang perspektif kebijakn publik. Bagian keempat membahas tentang penelitian : asuransi sosial.

Bab 9 Asuransi Sosial Dan Jaring Pengaman Nasional
Pada bab ini terdiri atas lima bagian. Bagian pertama membahas tentang asuransi sosial yang terdiri atas dua subbag yaitu : pertimbangan pentingnya asuransi sosial dan asuransi kesehatan. Bagian kedua membahas tentang jaring pengaman sosial (social safety net ) di indonesia yang terdiri atas lima subbag yaitu : latar belakang jaring pengaman sosial, tujuan jps, program prioritas jps, program secara umum di negara dengan pendapatan sangat rendah (NPSR), dan bentuk pelaksanaan jaring pengaman sosial di Indonesia saat ini. Bagian ketiga membahas tentang program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM- Mandiri) yang terdiri dari dua subbag yaitu : tujuan dan strategi PNPM Mandiri dan Komponen Program PNPM Mandiri. Bagian keempat membahas tentang perspektif kebijakan publik. Bagian kelima membahas tentang penelitian : jaring pengaman sosial (social safety net).

Kelebihan Buku
Materi dari buku ini disusun secara sistematis dengan bahasan yang menarik disetiap babnya, sehingga mudah dipahami oleh pembaca, baik yang sudah mengenal ilmu ekonomi maupun yang belum mengenalnya sama sekali. Buku ini juga dilengkapi dengan soal – soal disetiap bab pada bagian akhir, sehingga pembaca dapat mengasah kemampuan yang telah dipelajari pada setiap bab.

Kekurangan Buku
Kekurangan dalam buku ini yaitu gambar yang disajikan hitam putih, sehingga kurang menarik. Akan lebih baik lagi jika gambar yang disajikan bewarna, sehingga pembaca menjadi lebih tertarik lagi untuk membaca secara menyeluruh.

Post a Comment

0 Comments